Tema Produk dan Penentuan Harga Jual



Menentukan Harga Jual Sesuai Kualitas Produk

Hai sahabat wirausaha, tentunya kalian pasti mengetahui jika salah satu rahasia sukses dalam bisnis adalah menentukan harga jual produk, dan kualitas produk yang memuaskan pelanggan. Harga jual produk yang tepat dipasaran sangat menentukan penjualan produk. Untuk itu diperlukan adanya strategi penjualan produk dengan memperhatikan harga dan kualitas produk yang baik untuk melancarkan usaha anda. 

Ada berbagai jenis pendekatan strategi penjualan produk. Tentunya strategi dibangun dengan memperhatikan jenis produk, bisnis, dan pasar.  Dalam menentukan harga jual produk biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan target pelanggan Anda, mengetahui berapa banyak pesaing dalam segmen produk yang sama, dan memahami hubungan antara kualitas dan harga. Berita baik sekaligus dan berita buruknya adalah Anda memiliki banyak fleksibilitas dalam cara Anda menetapkan harga, sangat banyak. 

Strategi menentukan harga jual


Tips Menentukan Harga Jual Suatu Produk | Alona.co.id

Untuk menetapkan strategi anda harus paham tujuan anda berbisnis, yaitu menghasilkan uang, bukan hanya sekedar mengganti cost yang telah dikeluarkan melainkan mengambil untung dari produk yang dijual dan membuat bisnis anda lebih besar dan berkembang. 

Terdapat 2 pilihan yang digunakan untuk menentukan harga jual yaitu Menetapkan harga jual dibawah pasaran dan Menetapkan harga jual diatas pasaran. Menentukan harga jual produk Anda terlalu rendah dapat berdampak buruk pada laba yang Anda dapatkan. Masih banyak pemilik bisnis yang  percaya  bahwa ini adalah yang harus mereka lakukan dalam era sekarang ini, terlebih ekonomi yang sedang sulit, di sisi lain, Menentukan harga jual terlalu mahal pada suatu produk bisa sama merugikannya karena pembeli selalu akan melihat harga pesaing. Penentuan harga di luar kemampuan pelanggan untuk membayar juga dapat menurunkan penjualan. maka dari itu  Untuk menentukan harga jual dengan kualitas produk terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Kenali Pelanggan Anda

Melakukan semacam riset pasar sangat penting untuk mengenal pelanggan Anda. Jenis penelitian ini dapat berupa survei informal dari basis pelanggan yang ada. Anda dapat  mengirimkan email survei bersama dengan promosi produk Anda.

2. Ketahui Biaya (Cost) Anda

Prinsip dasar menentukan harga jual adalah Anda harus menutupi cost dan kemudian menghitung laba. Itu berarti Anda harus tahu berapa banyak biaya produksi Anda. Anda juga harus memahami berapa banyak produk yang harus Anda jual untuk menghasilkan keuntungan.

3. Ketahui Target Pendapatan Anda

Anda juga harus memiliki target pendapatan untuk besaran laba yang Anda inginkan dari bisnis Anda. Dalam penentuan target ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan, misalnya adalah, faktor cost produksi, pemasaran, dan besar penjualan produk Anda.

4. Ketahui Kompetitor Anda

Mengetahui kompetitor berarti Anda bisa mengetahui persaingan. Hal ini juga dilakukan oleh pelanggan Anda. Apakah produk yang ditawarkan kompetitor sebanding dengan milik Anda? Jika demikian, Anda dapat menggunakan harga jual yang mereka tawarkan sebagai parameter awal.  Lihat juga apakah ada nilai tambah dalam produk Anda. Jika iya, Anda mungkin bisa menggunakan harga yang lebih tinggi dari kompetitor Anda dalam mentukan harga jual.

5. Ketahui Pangsa Pasar yang Dituju

Jelas Anda tidak bisa menjadi peramal, tetapi Anda dapat melacak faktor-faktor eksternal yang akan memengaruhi permintaan pada produk Anda di masa depan. Faktor-faktor ini dapat berkisar dari sesuatu yang sederhana seperti pola cuaca jangka panjang hingga undang-undang yang dibuat pemerintah yang dapat memengaruhi penjualan produk Anda di masa mendatang. Juga memperhitungkan pesaing Anda dan tindakan mereka. 

Layaknya strategi pada umumnya, kita juga harus awas terhadap kompetitor di pasaran. Amati harga-harga produk yang sesuai dengan milik kita, entah lebih murah atau lebih mahal? kemudian analisis penyebabnya. Tidak masalah mematok harga mahal, asalkan anda menawarkan Customer Service lebih baik, atau kualitas produk yang lebih tinggi. Konsumen zaman now sudah pintar, mereka dapat menilai apakah harga suatu produk layak atau tidak. Harga mahal juga memberikan kesan eksklusif tergantung dari segi pandangan masing-masing.
Akhir kata, penentuan strategi harga untuk sebuah produk dan layanan sangatlah penting untuk diperhatikan. Dengan menerapkan poin-poin di atas, niscaya bisnis yang Anda tekuni bisa semakin berkembang dan menjadi lebih baik. Salam sukses!

Comments