pentingnya manajemen organisasi dalam berwirausaha


Organisasi Manajemen Pada Kewirausahaan


        Berwirausaha merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan bagi kalian yang memiliki banyak waktu luang dan memiliki manajemen organisasi yang baik. Nah, dalam berwirausaha dibutuhkan manajemen organisasi yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
        Manajemen organisasi adalah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah kelompok organisasi dalam maksud dan tujuan tertentu. baik berwirausaha besar ataupun kecil harus menggunkan manajemen organisasi guna mendapatkan laju usaha yang mencapai target dan terpenuhi.

Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Berwirausaha


Manajemen bisnis juga memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Apa saja fungsi-fungsi manajemen bisnis untuk kelancaran bisnis kamu?

Perencanaan (Planning)

Perencanaan ini bisa dibilang sebagai basis terpenting dari keseluruhan proses manajemen bisnis, bahkan sama pentingnya seperti pondasi rumah yang harus dibangun secara kuat. Karena, dasar yang kuat berarti bangunan yang kuat juga, kan? Dalam hal ini, manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang akan dicapai oleh perusahaan, lalu merencanakan cara terbaik demi mencapai tujuan tersebut.
Tapi, perencanaan ini bisa biasanya dilakukan selama beberapa kali tergantung dari skala perusahaan, untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan dan akan di break down lagi secara lebih detail untuk masing-masing divisi.

Pengorganisasian (Organizing)

Nah, setelah kamu sudah melakukan perencanaan secara matang, saatnya mengubah rencana kamu tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Tapi, jangan terburu-buru ya, karena untuk itu, kamu perlu memastikan agar tugas atau kegiatan tertentu dikerjakan oleh orang-orang yang tepat juga.
Pengorganisasian juga bisa dilakukan dengan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakan dan bertanggung jawab atas tugas tersebut, sampai pada oleh siapa keputusan harus diambil dalam bisnis di perusahaannya.

Pengarahan (Directing)

Pada tahap ini, setiap anggota tim pada dasarnya hrus sudah mengetahui apa yang harus mereka kerjakan demi mencapai tujuan perusahaan. Tapi, walaupun begitu, mereka harus tetap diberikan dorongan supaya bisa terus termotivasi untuk bekerja atau pengarahan. Kamu juga pasti akan lebih semangat kan, kalau diberikan motivasi dan sedikit hiburan untuk bekerja?
Biasanya, manajer di masing-masing divisi melakukan pengarahan melalui metode influencing dan motivating.

Pengendalian (Controlling)

Fungsi ini juga sangat penting lho, supaya setiap proses dalam manajemen berjalan optimal dan sesuai rencana. Umumnya, fungsi pengendalian ini meliputi empat kegiatan, yaitu untuk menentukan standar prestasi, mengukur prestasi yang sudah dicapai, membandingkan prestasi yang sudah dicapai dengan standar prestasi, dan melakukan perbaikan kalau ada penyimpangan dari standar prestasi yang sudah ditentukan.

       Pentingnya pengorganisasian menyebabkan timbulnya sebuah struktur organisasi, yang dianggap sebagai sebuah kerangka yang masih dapat menggabungkan usaha-usaha merekadengan baik.Dengan kata lain, salah satu bagian “tugas pengorganisasian adalah mengharmoniskan kelompok orang yang berbeda, mempertemukan macam-macam kepentingan dan memanfaatkan kemampuan-kemampuan kesemuanya kesuatu arah tertentu.” Pendapat ini dikemukakan oleh (George K. Terry).
        Sebenarnya yang dimaksud dalam tulisan diatas adalah perlu adanya tindakan-tindakan simultan units individu atau yang terpisah yang secara bersama-bersama dapat menghasilkan suatu efek total yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah komponen-komponen individual. Jadi pengorganisasian merupakan sebuah kasus yang dapat menimbulkan efek yang sangat baik dalam upaya menggerakkan seluruh aktifitas dan potensi yang bisa diwadahi serta sebagai pengawasan manajerial. Dalam berwirausaha pastilah dibutuhkan sebuah kelompok/tim yang terdiri dari individu-individu yang mengerjakan pekerjaannya masing-masing, hal ini diperlukan untuk meningkatkan mutu pekerjaan maupun efektivitas dan efisiensi yang maksimal sehingga hasil yang didapat sesuai dengan tujuan.


Comments