MyBisnis



MY BISNIS DESAIN GRAFIS


10 Trend Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2020 ...


Hai sobat bisnis. kali ini kita akan membahas sebuah bisnis yang lagi trend banget loh. Bisnis ini juga termasuk bisnis yang simpel loh dan juga banyak dibutuhkan oleh individu maupun organisasi yang menyelenggarakan event tertentu. Desain Grafis merupakan Ketrampilan mendesain dalam promosi event atau kebetuhan tertentu.

Deskripsi Desain Grafis
Usaha jasa yang menawarkan desain untuk keperluan barang cetakan.desain grafis merupakan cara untuk menyampaikan pesan yang dikemas dalam tata letak tulisan dan foto atau ilustrasi atau gambar. Produk akhirnya adalah yang kita kenal seperti brosur, kalender, kartu nama, kop surat, logo, poster, kartu pos, souvenir, koran, majalah, buku dan lainnya.
Desain grafis diperlukan untuk mempromosikan produk barang atau jasa baik individu maupun perusahaan. Oleh karena itu hampir semua bidang kegiatan sebenarnya  membutuhkan jasa desain grafis. Bahkan ada yang menjadi bidang utama pekerjaan, seperti perusahaan penerbitan. Mereka menggunakan jasa desain grafis karena secara biaya lebih efektif mengalihkan pekerjaan tersebut ke perusahaan anda daripada merekrut karyawan khusus untuk itu. 

Produksi
Kemampuan desain grafis bisa didapat melalui pendidikan khusus tentang itu tetapi bisa pula belajar secara otodidak yang lalu dikembangkan dengan kreativitas
  • Kemampuan membuat detail dari konsep desain sesuai dengan pesan atau informasi yang diinginkan client sehingga membuat sasaran pesan  tersebut tertarik, reaksi atau merespon
  • Kemampuan untuk mengoperasikan komputer dengan software desain nya
  • Kemampuan untuk visual kan pesan melalui tata letak yang menarik orang
  • Kemampuan untuk terus mengembangkan kreativitas sesuai dengan kebutuhan klien dan perkembangan zaman
  • kemampuan untuk melihat setiap unsur desain sebagai nilai seni yang menonjolkan unsur keindahan tanpa menghilangkan nilai pesan atau informasi itu sendiri
  • Kemampuan untuk berkomunikasi dan bernegosiasi dengan client untuk dapat mempresentasikan karya-karyanya
  • Kemampuan untuk menjual dan mempromosikan kemampuan desain untuk mendapatkan klien

Pemasaran

Pemasaran, diantaranya aplikasi pemasaran online, email dan media sosial.

· Media Sosial
Anda dapat menggunakan berbagai macam channel media sosial, seperti twitter, facebook, instagram, youtube, dan pinterest. Buatlah akun secara khusus lalu bangun forum desain yang tak hanya dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan jasa Anda tetapi juga dapat menginspirasi dan mengedukasi orang lain sesuai dengan yang dikerjakan.
· Aplikasi Pemasaran Online
Anda bisa mendaftarkan usaha Anda lewat Google Places, yakni fitur iklan yang berbasis lokasi dan disediakan oleh pihak Google supaya bisnis Anda dapat muncul di list pencarian teratas. Selain itu, ada pula Google Adsense, yakni pemasaran yang memanfaatkan search engine yang memungkinkan usaha Anda muncul dalam situs-situs yang sudah tergabung di jaringan Google.
· Email
Saat order sudah mulai berdatangan, maka Anda akan memerlukan email yang berguna untuk mengirimkan semua hasil pekerjaan Anda pada klien.


Modal
Sebagaimana bisnis yang membutuhkan pakaian khusus tidak membutuhkan biaya besar. Modal dibutuhkan untuk membeli komputer desain, printer dan scan jika diperlukan. Jika ini akan menjadi usaha berkembang maka harus diperlengkapi dengan komputer sesuai dengan tenaga kerja yang ada. Biaya lain diperlukan untuk operasional seperti listrik, tinta printer, kertas, cetak profil perusahaan dan kartu nama

Organisasi
Untuk membentuk sebuah tim/organisasi dalam bisnis desain grafis. Dibuthkan sebuah tempat/kantor kecil yang berisikan anggota : Customer, Desaigner Grafis, dan bagian percetakan. Untuk membuat usaha ini tidak diperlukan organisasi yang banyak.

Sumber Ide
§  DESAIN FOTO – Peluang desain foto adalah: Desain foto pengantin, prawedding, mengubah wajah menjadi sketsa atau lukisan, cover majalah dan sebagainya. Seorang desain grafis hanya membutuhkan sebuah komputer dan kemampuan menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop sudah bisa untuk memulainya.
§  LAYOUT MEDIA CETAK – Banyak media cetak yang tidak memiliki tenaga desain grafis sendiri untuk menyusun dan medesain tampilan sebuah media cetak. Contoh media cetak yang membutuhkan tenaga desainer grafis adalah: tabloid, majalah, buletin bahkan suratkabar. Kebutuhan tenaga desain grafis media cetak ini masih cukup tinggi, terkadang seorang desain grafis hanya dibutuhkan jasanya saja tanpa harus menyiapkan peralatan.
§  SOUVENIR DIGITAL – Souvenir banyak dicari orang untuk buah tangan dan hadiah khusus. Produk souvenir digital juga bermacam ragam, contohnya: mug, gelas dan piring yang bisa diberikan gambar atau foto. Memulai usaha souvenir ini hanya membutuhkan biaya yang relatif cukup minim. Alat yang digunakan selain komputer dan printer adalah alat press atau pemanas khusus.
§  SABLON KAOS DIGITAL – Sablon konvensional selain rumit, biayanya juga relatif mahal ketika pesanan hanya 1 pcs saja. Banyak orang yang beralih kepada sablon digital karena alasan ini. Sablon kaos digital sama halnya seperti kartu identitas, bisa digunakan untuk seragam anggota, komunitas , hadiah dan juga souvenir. Hanya tiga alat yang perlu disediakan untuk usaha ini yaitu: komputer, printer bertinta sublimasi dan alat press atau pemanas khusus.



BMC :






Comments